TOP NEWS

Silahkan cari apa yang anda perlukan

Sabtu, 11 April 2015

Tugas Softskill 1 Pendidikan Kewarganegaraan

Nama  : Muhammad Rizky Kurnia
NPM   : 16213130
Kelas   : 2EA17


Yang saya banggakan dari Negeri Indonesia

“Keindahan Alam dan Keanekaragaman Budaya Indonesia”

Sebenarnya banyak yang bisa dibanggakan di Negeri kita ini. Beraneka ragam budaya dan adat telah kita miliki sejak jaman dahulu hingga sekarang mulai dari kesenian tari, lukisan, bahkan acara – acara ritual yang sakral yang masih dilestarikan sampai sekarang. Oleh karena itu agar kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesia selalu terlihat dan dipandang oleh negara lain dan juga tidak diakui oleh negara lain maka harus dilestarikan dan dikembangkan oleh generasi – generasi muda.

Yang dapat dibanggakan dari Negeri Indonesia salah satunya adalah Batik. Batik yang merupakan budaya asli bangsa Indonesia merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang harus dilestarikan dan dijaga oleh bangsa Indonesia. Keunikan pada motifnya itu merupakan cirri khas dari batik ini yang di setiap daerah – daerah di Indonesia ini seperti solo, jogja, pekalongan dan masih banyak lagi memiliki motif – motif yang berbeda di setiap daerahnya. Keunikan tersebut tidak dapat dijumpai pada kain – kain maupun pakaian atau sejenisnya yang bermotif dari negara - negara lain.

Bukan hanya di Indonesia, Batik saat ini sudah terkenal sampai dunia Internasional. Seiring berkembangnya zaman, pembuatan batik yang dahulu dilakukan secara manual menggunakan tangan saat ini sudah dapat menggunakan alat. Kemudian batik juga telah menjadi tradisi turun – temurun. Selain itu sekarang juga sudah banyak dijumpai batik dengan motif – motif dan model yang lebih modern dan mengikuti trend zaman. Kemudian batik sekarang yang meranjak naik dan banyak disukai dari berbagai lapisan masyarakat. Karena harga yang di bandrol pada batik ini bermacam – macam mulai dari yang murah meriah yang dapat dijangkau semua kalangan sampai yang harganya selangit di sertai dengan kualitasnya yang baik pula.

Kemudian hal lain yang saya banggakan dari Indonesia adalah keindahan alamnya. Banyak tempat – tempat yang menarik, indah dan menakjubkan yang terdapat di Indonesia mulai dari yang sangat jarang di jamah oleh manusia sampai yang sudah sangat sering dijamah manusia dan sudah terkenal sampai dunia internasional. Yang paling popular salah satunya adalah pulau Bali. Di Bali sangat terkenal dengan adat, budaya dan juga yang tidak ketinggalanm yaitu keindahan alamnya. Banyak sekali spot – spot tempat di Bali yang memiliki keindahan yang menakjubkan, mulai dari pantai – pantainya dan juga wisata – wisata lainnya. Di Bali bahkan masyarakatnya sangat ramah dengan para turis baik turis lokal maupun mancanegara diperlakukan sama. Hal tersebut yang membuat para turis yang mengunjungi Bali ingin berlama – lama di sana, sampai ada juga ada yang ingin kembali lagi kesana lain waktu karena kenyamanan dan ketentraman sertia keindahan yang dimiliki oleh Bali. Hal Apabila kita ingin membahas tentang pantai yang ada di Bali mungkin harus mulai dari pantai yang sudah tidak asing di telinga orang lagi. Banyak sekali pantai di Bali yang sangat indah dan sudah terkenal di nusantara maupun internasional. Salah satunya adalah pantai Kuta. Pantai tersebut memiliki pasir yang putih serta air yang jernih yang membuat pantai tersebut mempunyai daya tarik tersendiri dari pantai – pantai lainnya.

Sebenarnya masih banyak yang dapat dibanggakan di Indonesia ini. adat, budaya dan keindahan alamnya yang tak ternilai menjadi kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Sungguh indahnya negeri kita ini. Sebagai bangsa Indonesia jangan hanya bangga tetapi kita harus dapat menjaga dan juga melestarikan kebudayaan kita yang beraneka ragam dan keindahan alam kita ini, agar kelak nanti generasi – generasi muda Indonesia selanjutnya dapat menikmati betapa menakjubkannya Indonesia.

Yang memprihatinkan dari bangsa dan negara Indonesia

“Serangan Dari Dampak Globalisasi Yang Berdampak Buruk Bagi Bangsa Indonesia”

Bangsa Indonesia belakangan ini mengalami berbagai rintangan dari kebudayaan asing yeng dapat dengan mudahnya masuk mempengaruhi kita dari akibatnya globalisasi. Indonesia yang terkenal akan  budayanya yang beraneka ragam, menarik, unik, dan indah ini dapat dengan mudah terlupakan akibat pengaruh budaya asing yang dapat sangat cepat masuk ke Indonesia. Bangsa Indonesia yang tidak mampu menghadapinya, tidak akan sulit terpengaruh budaya asing tersebut.

Perilaku kebarat – baratan sudah banyak tercermin pada remaja – remaja di Indonesia. Sekarang sudah banyak remaja – remaja Indonesia yang keluar masuk club atau diskotik. Padahal di dalam tempat tersebut tidak akan dapat dihindari, pasti banyak penyimpangan – penyimpangan perilaku yang terjadi. Banyak contohnya, seperti penyalahgunaan zat adiktif atau narkoba, pelecehan seksual, pelacuran, dll. Hal – hal tersebut bukan hanya menyimpang dari budaya asli Indonesia akan tetapi sudah menyimpang dari Agama. Selain itu hal tersebut merugikan diri sendiri dan juga dapat merugikan orang lain, khusunya orang tua, yang pastinya setiap orang tua ingin anaknya memiliki sikap dan perilaku yang baik, sopan dan tidak menyimpang.

Pengaruh  media – media komunikasi seperti televisi, dan juga internet dampaknya sangat besar terhadap cara pandang dan perilaku bangsa Indonesia. Banyak sinetron dan film yang mengandung hal – hal buruk dan tidak bermanfat, film sekarang banyak yang bergaya ala barat, yang banyak sekali budayanya yang tidak cocok dengan kita. Semua itu dapat memperngaruhi gaya hidup dan perilaku kita, sehingga secara tidak sadar budaya sendiri mulai terlupakan.

Hal lain menurut saya yang memprihatinkan dari Indonesia ini kondisi sosial dan perekonomiannya. Semakin banyak orang di Indonesia terpuruk dalam dunia kemiskinan. banyak orang yang tidak memiliki pekerjaan alias pengangguran karena jenjang pendidikannya yang dimilikinya rendah. Banyak alasan hal tersebut terjadi, mulai dari factor ekonomi sampai factor yang ada dalam diri sendiri yaitu malas.

Akibat lain dari kemunduran ekonomi yang di alami bangsa Indonesia ini yaitu tingkat kriminalitas semakin meningkat. Semakin banyak kejahatan yang yang terjadi, baik di jalanan maupun di dalam lingkungan sendiri. Sebagai contohnya belakangan ini yang baru – baru saja popular adalah pencurian motor secara paksa atau lebih dikenal begal. Pelaku pencurian tersebut tidak memiliki rasa kasihan, sangat kejam sehingga ketika menjalankan aksinya sudah tidak mungkin apabila korban melawan pasti pelaku akan mengancam nyawa korban.

Jalan -  jalan di ibukota maupun kota – kota lainnya sudah semakin tidak aman akibat aksi – aksi kejahatan tersebut. Oleh sebab itu peran polisi sebagai pihak yang berwenang untuk menciptakan kenyamanan dan keamanan yang ada di masyarakat sangat diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut. Hal tersebut dilakukan agar Indonesia sebagai negara yang aman dan pantas untuk dikunjungi, sehingga tidak menutup kemungkinan Indonesia kelak nanti akan menjadi negara yang maju.

Jadi, sebagai bangsa Indonesia, kita harus dapat menghadapi dampak dari globalisasi ini. seperti selektif dalam menyaring budaya asing yang baik untuk diterima dan yang buruk untuk ditolak. Kemudian kita juga harus menanamkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya sendiri sehingga tidak akan mudah terpengaruh budaya lain. Kemudian juga untuk mengatasi permasalahan social dan juga perekonomian yang ada di Indoneia dapat diatasi mulai dari diri sendiri, sikap saling peduli dan tolong menolong satu sama lain contohnya. sehingga dapat mengurangi orang – orang yang bermasalah dalam hal social dan ekonomi tersebut. Dengan hal tersebut negara Indonesia untuk kedepannya pasti menjadi lebih baik.

Kontribusi saya sebagai WNI dalam perbaikan masa depan bangsa dan Negara Indonesia

“Lakukan hal – hal yang kecil untuk Indonesia yang lebih baik”
Sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang cinta terhadap negaranya, kita harus mampu untuk melestarikan, menjaga, mempertahankan, dan mengembangkan budaya – budaya asli yang dimiliki Indonesia. Hal tersebut dilakukan bukan untuk tujuan yang lain melainkan agar warisan – warisan budaya dan keindahan – keindahan yang dimiliki Indonesia dapat lestari dan dapat dinikmati dan di wariskan turun - temurun untuk generasi – generasi bangsa selanjutnya. Banyak hal yang dapat dilakukan, seperti salah satunya slogan “Cintai Produk Dalam Negeri” yang artinya yaitu lebih memilih produk – produk lokal dari Indonesia dibanding produk negara lain, yang semakin maraknya berbagai jenis produk dari luar negeri. Kemudian sikap dan perilaku kita sebagai bangsa Indonesia harus diperbaiki agar tidak menyimpang dari budaya kita dan juga ajaran agama kita sendiri. Karena dengan hal tersebut tindakan – tindakan yang bertentangan dengan budaya yang buruk akan terhindari.

Lalu sikap selektif dalam menghadapi globalisasi sangat diperlukan, menyaring budaya asing yang sangat pesat masuk dan mempengaruhi bangsa Indonesia salah satu contoh tindakannya. Kita harus dapat memilih mana budaya asing yang baik dan pantas dengan budaya asli negara kita dan mana yang bertentangan dengan budaya kita. Karena apabila kita salah dalam menyaringnya budaya kita akan tercemar dengan budaya – budaya asing yang buruk dan tidak patut dicontoh, dan juga akan berdampak pada generasi – generasi bangsa selanjutnya. Dan jika apabila kita sudah baik dalam menyaring budaya asing tersebut, budaya kita sendiri akan semakin kaya dan berkembang ke arah yang lebih baik, dan juga akan berdampak baik pada generasi – generasi selanjutnya.

Sebagai bangsa Indonesia, agar dapat menjadikan Indonesia yang lebih maju harus dimulai dari hal yang kecil, untuk menghadapi masalah terbesar di negeri ini salah satunya yaitu kemiskinan yang semakin melanda negeri ini. Hal – hal kecil yang dapat dilakukan banyak, seperti berpartisipasi dalam melakukan penggalangan dana dan juga bakti sosial, baik berupa dana maupun materi seperti pakaian dan makanan juga sangat diperlukan. Kegiatan tersebut mempunyai efek yang besar dalam mengatasi masalah kemiskinan di Indonesia ini. Dana – dana yang dikumpulkan juga dapat memperbaiki masalah di Indonesia yang lain seperti rendahnya kualitas pendidikan yang dimiliki orang Indonesia. Dana tersebut dapat digunakan untuk membangun perpustakaan mini di daerah pelosok – pelosok di Indonesia yang sulit dijangkau oleh tranportasi dan jauh dari pusat kota. Karena dengan dilakukannya hal tersebut kualitas pendidikan di Indonesia dapat meningkata, seperti berkurangnya jumlah orang yang buta huruf, berkurangnya penduduk Indonesia yang berpendidikan rendah, dll.

Sesungguhnya banyak hal yang dapat dilakukan agar negara Indonesia semakin maju, dan masa depan bangsa Indonesia lebih baik. Contoh – contoh tindakannya sudah disebutkan di sebelumnya. Dengan tindakan – tindakan tersebut berdampak baik pada negara Indonesia, kerena dapat membuat masa depan bangsa yang lebih baik, budaya Indonesia dapat lestari sampai generasi – generasi bangsa selanjutnya. Lalu Negara Indonesia juga dapat lebih dikenal dan dipandang dalam kancah Internasional. Kemudian juga supaya Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan kebuayaannya, dan indah akan alamnya.

Jadi itulah kontribusi saya sebagai WNI dalam perbaikan masa depan bangsa dan negara Indonesia. Mari kita sebagai generasi – generasi muda Negera Indonesia ikut berpartisipasi dalam mewujudkan masa depan bangsa dan negara Indonesia. Lakukanlah mulai dari hal – hal yang kecil untuk Indonesia yang lebih baik.

0 komentar: