TOP NEWS

Silahkan cari apa yang anda perlukan

Kamis, 06 Oktober 2016

Analisis Kegiatan CSR PT.Mondelez Indonesia


Nama  : Muhammad Rizky Kurnia
NPM   : 16213130
Kelas   : 4EA17



PENDAHULUAN

Latar Belakang

Mondelēz International mengawali bisnisnya dengan nama National Dairy Products Corporation (National Dairy), yang dibentuk pada 10 Desember 1923, oleh Thomas H. McInnerney. Mondelez merupakan perusahaan makanan dan minuman yang berkantor pusat di Northfield, Chicago, Illinois, Amerika Serikat, yang diluncurkan pada tanggal 1 Oktober 2012. Perusahaan ini secara resmi menggantikan Kraft Foods, di mana Kraft sendiri didirikan pada tahun 1923, dan kini Mondelēz masuk ke bisnis makanan ringan, makanan dan minuman (selain keju dan produk mengandung susu yang kini menjadi produk Kraft Foods Group). Kini Mondelēz merupakan perusahaan produsen makanan terbesar ke-2 di dunia (setelah Nestlé).


Sebagai perusahaan besar, PT. Mondelez Indonesia tidak lupa untuk menjalankan program CSR (Corporate Social Responsibility) bagi masyarakat Indonesia. PT.Mondelez Indonesia sudah banyak melakukan program CSR mulai dari bantuan terhadap masyarakat sekitar dalam pemberdayaan ekonomi, menjaga keharmonisan dengan masyarakat sekitar, tata kelola bisnis yang baik, serta berupaya menjaga kelestarian lingkungan. Semua hal tersebut dilakukan bukan dalam arti mencari perhatian pada masyarakat, melainkan merupakan hal wajib yang harus di lakukan perusahaan dalam menjalankan bisnis. Perusahaan tidak hanya menjadikan profit sebagai proriaritas utama bisnis, akan tetapi juga harus tetap memperhatikan dan membantu kehidupan masyarakat sekitar sehingga dapat terjalin hubungan yang baik.

Pada beberapa tahun terakhir PT. Mondelez Indonesia melakukan beberapa program CSR. Di tahun 2014, bertepatan dengan Car Free Day (CFD) Bundaran HI Jakarta, PT. Mondelez Indonesia bersama karyawannya melaksanakan kegiatan CSR guna memberikan konstribusi kepada masyarakat melalui program tahunan Global Volunteer Service Mounth (GVSM). Kegiatan yang digelar pada Minggu, 19 Oktober 2014, diawali dengan senam bersama, jalan bersama menyusuri area CFD, membersihkan kantor pos polisi sekitar Thamrin Monas, dan lain-lainnya Selain itu PT. Mondelez Indonesia juga memberikan bantuan berkelanjutan kepada anak-anak yang kurang mampu dari keluarga miskin untuk tetap bisa bersekolah. Melanjutkan bantuan tahun ajaran sebelumnya SDN Walahar 1 dan SDN Walahar 2 sebanyak 200 anak asuh yang berada di sekitar pabrik Mondelez di Karawang.

Kemudian di tahun 2015 tepatnya 14 April 2015. PT. Mondelez Indonesia, menyerahkan secara simbolis donasi 20.000 paket produk Biskuat, kepada Aksi Cepat Tanggap (ACT) di Kantor ACT Pusat, Menara 165. Donasi diperuntukan guna mendukung Program Bengkel Gizi Terpadu (BeGiTu), yang menjangkau  15.000 anak kurang gizi di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). Lalu di tahun yang sama pada bulan Oktober PT. Mondelez Indonesia kembali melakukan kegiatan CSR melalui program GVM (Global Volunteering Month ) yang bertepatan pada perayaan ulang tahun perusahaan. Kegiatan yang dilakukan selama GVM, yaitu edukasi cara mencuci tangan yang baik dan benar, kesadaran akan makanan sehat, dan gaya hidup sehat melalui olahraga.

Di tahun berikutnya, PT. Mondelez Indonesia ikut mendukung program  rutin CSR yang dilakukan PT.Pembangunan Jaya Ancol. Tbk yaitu kegiatan santunan 100 anak yatim yang dilakukan pada bulan Ramadhan 15 Juni 2016. Dalam kesempatan yang sama PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk turut meluncurkan 'Mobil Pintar Ancol' yang merupakan sebuah media pembelajaran berupa kendaraan roda empat yang didesain menarik untuk menghadirkan nuansa pembelajaran yang menyenangkan dan atraktif. Tidak hanya menyediakan buku bacaan, Mobil Pintar Ancol juga dilengkapi dengan audio visual, serta komputer yang terhubung dengan internet. Dengan demikian, kegiatan membaca dan mencari ilmu pengetahuan umum dapat terfasilitasi dengan baik dan menyenangkan.

Dari beberapa kegiatan CSR yang dilakukan PT.Mondelez Indonesia diatas, maka penulis ingin menganalisis program Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT.Mondelez Indonesia.


TEORI

Pengertian Corporate Social Responsibility (CSR)

Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep yang mengajarkan bahwa suatu organisasi/perusahaan memiliki tanggung jawab tidak hanya pada kondisi finansial saja, tetapi juga terhadap pihak-pihak yang memiliki kepentingan atas perusahaan tersebut, seperti konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan, dari sisi ekonomi, sosial dan lingkungan. Dengan menganut konsep ini, sebuah perusahaan tidak hanya terpaut terhadap tujuan finansial saja, tetapi juga memiliki peran yang sangat penting dalam ikut menyejahterakan kehidupan orang banyak.

Alasan melibatkan CSR dalam operasional perusahaan 

1.      Sumber Daya Manusia

Salah satu perusahaan melaksanakan CSR adalah untuk menarik SDM yang memiliki antusias yang sama dalam bidang sosial untuk membantu masyarakat. Dengan tujuan yang sama, maka dalam menjalankan usahanya, dapat berjalan lancar, karena            perusahaan dan karyawannya memiliki tujuan yang sama, yaitu bukan hanya profit, tetapi juga kontribusi terhadap kesejahteraan banyak orang.

2.      Manajemen Risiko

Risiko dapat diperkecil dengan menggunakan konsep CSR dalam operasional, karena sistem yang digunakan cenderung transparan, sehingga risiko untuk melakukan perbuatan yang melanggar hukum juga akan berkurang, seperti KKN, pencemaran lingkungan dan sebagainya.

3.      Membedakan Merk

Perusahaan bisa menggunakan CSR untuk menciptakan loyalitas konsumen karena konsumen seperti dasarnya manusia, memiliki sifat sosial dan simpati terhadap lingkungan. Dengan memperhatikan tujuan perusahaan, konsumen jadi tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan perusahaan tersebut, karena kedua pihak memiliki paham yang sama dalam bidang sosial dan lingkungan.

4.      Izin Usaha

Dengan menerapkan CSR, maka perusahaan akan mendapatkan image sebagai perusahaan yang tidak hanya mengejar keuntungan semata, tetapi juga sebagai perusahaan yang peduli terhadap kondisi sosial dan lingkungan, baik domestik maupun global. Dengan image seperti itu, perusahaan mendapatkan lebih banyak kemudahan dalam mendapat izin dari pemerintah untuk beroperasi, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Lima Pilar Aktivitas Coprorate Social Responsibility

Dalam penelitian kali ini konsep Corporate Social Responsibility akan diukur dengan menggunakan lima pilar aktivitas Corporate Social Responsibility dari Prince of Wales International Bussiness Forum, yaitu (Wibisono, 2007,p.119) :

1.      Building Human Capital
Secara internal, perusahaan dituntut untuk menciptakan SDM yang andal. Secara eksternal, perusahaan dituntut untuk melakukan pemberdayaan masyarakat, biasanya melalui community development.

2.      Strengthening Economies
Perusahaan dituntut untuk tidak menjadi kaya sendiri sementara komunitas di lingkungannya miskin, mereka harus memberdayakan ekonomi sekitar.

3.      Assessing Social Chesion
Perusahaan dituntut untuk menjaga keharmonisan dengan masyarakat sekitarnya agar tidak menimbulkan konflik.

4.      Encouraging Good Governence
Dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan harus menjalankan tata kelola bisnis dengan baik.

5.      Protecting The Environment
Perusahaan berupaya keras menjaga kelestarian lingkungan.


ANALISIS

PT Mondelez Indonesia dalam menjalankan program CSR telah memberikan banyak manfaat positif bagi masyarakat. Bukan hanya bagi masyarakat, tetapi manfaat positif juga dirasakan bagi perusahaan. Melalui kegiatan CSR ini dapat memberikan citra yang baik bagi perusahaan. Masyarakat akan semakin percaya bahwa perusahaan tersebut tidak hanya melakukan bisnis untuk mencari keuntungan akan tetapi perusahaan juga peduli terhadap masyarakat lokal sekitar. Semakin baiknya hubungan masyarakat yang terjalin maka semakin menguntungkan bagi perusahaan., karena aspek kepercayaan pada perusahaan akan memberikan manfaat yang positif untuk penjualan produk perusahaan.

Melalui program CSR ini, masyarakat dapat diajarkan mengenai pentingnya sikap peduli terhadap sesama manusia maupun lingkungan.  Seperti yang dilakukan PT. Mondelez Indonesia pada tahun 2014, kegiatan CSR yang dilakukan pada Car Free Day masyarakat diajarkan untuk hidup sehat dan peduli terhadap lingkungan. Kepedulian masyarakat yang dilakukan ketika itu adalah dengan membersihkan sampah – sampah di sekitar kantor pos polisi dan jalan – jalan disekitar CFD. Melalui tindakan kecil tersebut sudah memberikan manfaat positif kedepannya.

Kemudian apabila dilihat dari segi etika bisnisnya, program CSR ini adalah hal wajib dilakukan bagi sebuah perusahaan. Perusahaan tidak hanya berbisnis untuk mendapatkan profit akan tetapi juga harus memperhatikan keadaan lingkungan masyarakat sekitar. Sebagai contoh dalam mengambil bahan baku yang ada di alam, perusahaan harus menganalisis dampak lingkungan yang akan ditimbulkan. Untuk itu perlu dilakukan program CSR berupa pelestarian lingkungan di sekitar wilayah bahan baku tersebut. Lalu perusahaan juga dituntut untuk dapat menciptakan hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar agar tidak menimbulkan konflik. Karena perusahaan juga harus memiliki etika, tidak boleh kaya sendiri sementara masyarakat di lingkungannya miskin, mereka harus memberdayakan ekonomi sekitar.

Berdasarkan analisis di atas, dapat disimpulkan betapa pentingnya kegatan CSR ini. Banyak manfaat positif yang terkandung didalamnya. PT.Mondelez Indonesia menurut saya sudah menjakankan kegiatan CSR dengan baik, karena jika dilihat hubungan masyarakat dengan perusahaan ini baik – baik saja. Kemudian dari etika bisnisnya, PT.Mondelez Indonesia juga tidak egois dalam menjalankan bisnis mengejar profit, tetapi juga membantu memperbaiki kondisi masyarakat dan lingkungan yang dapat dilihat dari program CSR yang dilakukannya setiap tahun.


REFERENSI

http://www.gn-ota.or.id/index.php?controller=page&action=view&page=kegiatan&subpage=bantuan-sinambung-pt-mondelez-indonesia&lang=id

http://act.id/id/whats-happening/view/1437/mondelez-indonesia-bantu-15.000-anak-kurang-gizi-jabodetabek

http://homediarymagazine.com/news/update/2015/10/mondelez-indonesia-csr-dukung-gerakan-pola-hidup-bersih-dan-sehat-phbs-lingkungan-sekolah.html

https://www.ancol.com/id/events/peluncuran-mobil-pintar-ancol

https://id.wikipedia.org/wiki/Mondel%C4%93z_International
https://id.wikipedia.org/wiki/Tanggung_jawab_sosial_perusahaan

0 komentar: