Analisis Kegiatan CSR PT.Mondelez Indonesia
Nama : Muhammad Rizky Kurnia
NPM : 16213130
Kelas : 4EA17
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Mondelēz International mengawali
bisnisnya dengan nama National Dairy Products Corporation (National Dairy),
yang dibentuk pada 10 Desember 1923, oleh Thomas H. McInnerney. Mondelez merupakan
perusahaan makanan dan minuman yang berkantor pusat di Northfield, Chicago,
Illinois, Amerika Serikat, yang diluncurkan pada tanggal 1 Oktober 2012.
Perusahaan ini secara resmi menggantikan Kraft Foods, di mana Kraft sendiri
didirikan pada tahun 1923, dan kini Mondelēz masuk ke bisnis makanan ringan,
makanan dan minuman (selain keju dan produk mengandung susu yang kini menjadi
produk Kraft Foods Group). Kini
Mondelēz merupakan perusahaan produsen makanan terbesar ke-2 di dunia (setelah
Nestlé).
Sebagai
perusahaan besar, PT. Mondelez Indonesia tidak lupa untuk menjalankan program
CSR (Corporate Social Responsibility)
bagi masyarakat Indonesia. PT.Mondelez Indonesia sudah banyak melakukan program
CSR mulai dari bantuan terhadap masyarakat sekitar dalam pemberdayaan ekonomi,
menjaga keharmonisan dengan masyarakat sekitar, tata kelola bisnis yang baik,
serta berupaya menjaga kelestarian lingkungan. Semua hal tersebut dilakukan
bukan dalam arti mencari perhatian pada masyarakat, melainkan merupakan hal
wajib yang harus di lakukan perusahaan dalam menjalankan bisnis. Perusahaan
tidak hanya menjadikan profit sebagai proriaritas utama bisnis, akan tetapi
juga harus tetap memperhatikan dan membantu kehidupan masyarakat sekitar
sehingga dapat terjalin hubungan yang baik.
Pada beberapa
tahun terakhir PT. Mondelez Indonesia melakukan beberapa program CSR. Di tahun
2014, bertepatan dengan Car Free Day (CFD) Bundaran HI Jakarta, PT. Mondelez
Indonesia bersama karyawannya melaksanakan kegiatan CSR guna memberikan
konstribusi kepada masyarakat melalui program tahunan Global Volunteer Service
Mounth (GVSM). Kegiatan yang digelar pada Minggu, 19 Oktober 2014, diawali
dengan senam bersama, jalan bersama menyusuri area CFD, membersihkan kantor pos
polisi sekitar Thamrin Monas, dan lain-lainnya Selain itu PT. Mondelez
Indonesia juga memberikan bantuan berkelanjutan kepada anak-anak yang kurang
mampu dari keluarga miskin untuk tetap bisa bersekolah. Melanjutkan bantuan
tahun ajaran sebelumnya SDN Walahar 1 dan SDN Walahar 2 sebanyak 200 anak asuh
yang berada di sekitar pabrik Mondelez di Karawang.
Kemudian di
tahun 2015 tepatnya 14 April 2015. PT. Mondelez Indonesia, menyerahkan secara
simbolis donasi 20.000 paket produk Biskuat, kepada Aksi Cepat Tanggap (ACT) di
Kantor ACT Pusat, Menara 165. Donasi diperuntukan guna mendukung Program
Bengkel Gizi Terpadu (BeGiTu), yang menjangkau 15.000 anak kurang gizi di
daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). Lalu di tahun
yang sama pada bulan Oktober PT. Mondelez Indonesia kembali melakukan kegiatan
CSR melalui program GVM (Global Volunteering Month ) yang bertepatan pada
perayaan ulang tahun perusahaan. Kegiatan yang dilakukan selama GVM, yaitu
edukasi cara mencuci tangan yang baik dan benar, kesadaran akan makanan sehat,
dan gaya hidup sehat melalui olahraga.
Di tahun
berikutnya, PT. Mondelez Indonesia ikut mendukung program rutin CSR yang dilakukan PT.Pembangunan Jaya
Ancol. Tbk yaitu kegiatan santunan 100 anak yatim yang dilakukan pada bulan
Ramadhan 15 Juni 2016. Dalam kesempatan yang sama PT Pembangunan Jaya Ancol,
Tbk turut meluncurkan 'Mobil Pintar Ancol' yang merupakan
sebuah media pembelajaran berupa kendaraan roda empat yang didesain menarik
untuk menghadirkan nuansa pembelajaran yang menyenangkan dan atraktif. Tidak
hanya menyediakan buku bacaan, Mobil Pintar Ancol juga
dilengkapi dengan audio visual, serta komputer yang terhubung dengan internet.
Dengan demikian, kegiatan membaca dan mencari ilmu pengetahuan umum dapat
terfasilitasi dengan baik dan menyenangkan.
Dari beberapa
kegiatan CSR yang dilakukan PT.Mondelez Indonesia diatas, maka penulis ingin
menganalisis program Corporate Social
Responsibility (CSR) pada PT.Mondelez Indonesia.
TEORI
Pengertian Corporate Social Responsibility (CSR)
Tanggung jawab
Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu
konsep yang mengajarkan bahwa suatu organisasi/perusahaan memiliki tanggung
jawab tidak hanya pada kondisi finansial saja, tetapi juga terhadap pihak-pihak
yang memiliki kepentingan atas perusahaan tersebut, seperti konsumen, karyawan,
pemegang saham, komunitas dan lingkungan, dari sisi ekonomi, sosial dan
lingkungan. Dengan menganut konsep ini, sebuah perusahaan tidak hanya terpaut
terhadap tujuan finansial saja, tetapi juga memiliki peran yang sangat penting
dalam ikut menyejahterakan kehidupan orang banyak.
Alasan melibatkan CSR dalam operasional
perusahaan
1.
Sumber
Daya Manusia
Salah satu
perusahaan melaksanakan CSR adalah untuk menarik SDM yang memiliki antusias
yang sama dalam bidang sosial untuk membantu masyarakat. Dengan tujuan yang
sama, maka dalam menjalankan usahanya, dapat berjalan lancar,
karena
perusahaan dan karyawannya memiliki tujuan yang sama, yaitu bukan hanya profit,
tetapi juga kontribusi terhadap kesejahteraan banyak orang.
2.
Manajemen
Risiko
Risiko dapat
diperkecil dengan menggunakan konsep CSR dalam operasional, karena sistem yang
digunakan cenderung transparan, sehingga risiko untuk melakukan perbuatan yang
melanggar hukum juga akan berkurang, seperti KKN, pencemaran lingkungan dan
sebagainya.
3.
Membedakan
Merk
Perusahaan bisa
menggunakan CSR untuk menciptakan loyalitas konsumen karena konsumen seperti
dasarnya manusia, memiliki sifat sosial dan simpati terhadap lingkungan. Dengan
memperhatikan tujuan perusahaan, konsumen jadi tertarik untuk membeli produk
yang ditawarkan perusahaan tersebut, karena kedua pihak memiliki paham yang
sama dalam bidang sosial dan lingkungan.
4.
Izin
Usaha
Dengan
menerapkan CSR, maka perusahaan akan mendapatkan image sebagai
perusahaan yang tidak hanya mengejar keuntungan semata, tetapi juga sebagai
perusahaan yang peduli terhadap kondisi sosial dan lingkungan, baik domestik
maupun global. Dengan image seperti itu, perusahaan mendapatkan lebih
banyak kemudahan dalam mendapat izin dari pemerintah untuk beroperasi, baik di
dalam negeri maupun luar negeri.
Lima Pilar Aktivitas Coprorate Social Responsibility
Dalam penelitian
kali ini konsep Corporate Social Responsibility akan diukur dengan menggunakan
lima pilar aktivitas Corporate Social Responsibility dari Prince of Wales
International Bussiness Forum, yaitu (Wibisono, 2007,p.119) :
1.
Building Human Capital
Secara internal,
perusahaan dituntut untuk menciptakan SDM yang andal. Secara eksternal,
perusahaan dituntut untuk melakukan pemberdayaan masyarakat, biasanya melalui
community development.
2.
Strengthening Economies
Perusahaan
dituntut untuk tidak menjadi kaya sendiri sementara komunitas di lingkungannya
miskin, mereka harus memberdayakan ekonomi sekitar.
3.
Assessing Social Chesion
Perusahaan
dituntut untuk menjaga keharmonisan dengan masyarakat sekitarnya agar tidak
menimbulkan konflik.
4.
Encouraging Good
Governence
Dalam menjalankan
bisnisnya, perusahaan harus menjalankan tata kelola bisnis dengan baik.
5.
Protecting The
Environment
Perusahaan
berupaya keras menjaga kelestarian lingkungan.
ANALISIS
PT Mondelez
Indonesia dalam menjalankan program CSR telah memberikan banyak manfaat positif
bagi masyarakat. Bukan hanya bagi masyarakat, tetapi manfaat positif juga
dirasakan bagi perusahaan. Melalui kegiatan CSR ini dapat memberikan citra yang
baik bagi perusahaan. Masyarakat akan semakin percaya bahwa perusahaan tersebut
tidak hanya melakukan bisnis untuk mencari keuntungan akan tetapi perusahaan
juga peduli terhadap masyarakat lokal sekitar. Semakin baiknya hubungan
masyarakat yang terjalin maka semakin menguntungkan bagi perusahaan., karena
aspek kepercayaan pada perusahaan akan memberikan manfaat yang positif untuk
penjualan produk perusahaan.
Melalui program
CSR ini, masyarakat dapat diajarkan mengenai pentingnya sikap peduli terhadap
sesama manusia maupun lingkungan.
Seperti yang dilakukan PT. Mondelez Indonesia pada tahun 2014, kegiatan
CSR yang dilakukan pada Car Free Day masyarakat
diajarkan untuk hidup sehat dan peduli terhadap lingkungan. Kepedulian
masyarakat yang dilakukan ketika itu adalah dengan membersihkan sampah – sampah
di sekitar kantor pos polisi dan jalan – jalan disekitar CFD. Melalui tindakan
kecil tersebut sudah memberikan manfaat positif kedepannya.
Kemudian apabila
dilihat dari segi etika bisnisnya, program CSR ini adalah hal wajib dilakukan
bagi sebuah perusahaan. Perusahaan tidak hanya berbisnis untuk mendapatkan
profit akan tetapi juga harus memperhatikan keadaan lingkungan masyarakat
sekitar. Sebagai contoh dalam mengambil bahan baku yang ada di alam, perusahaan
harus menganalisis dampak lingkungan yang akan ditimbulkan. Untuk itu perlu
dilakukan program CSR berupa pelestarian lingkungan di sekitar wilayah bahan
baku tersebut. Lalu perusahaan juga dituntut untuk dapat menciptakan hubungan
yang baik dengan masyarakat sekitar agar tidak menimbulkan konflik. Karena
perusahaan juga harus memiliki etika, tidak boleh kaya sendiri sementara masyarakat
di lingkungannya miskin, mereka harus memberdayakan ekonomi sekitar.
Berdasarkan
analisis di atas, dapat disimpulkan betapa pentingnya kegatan CSR ini. Banyak
manfaat positif yang terkandung didalamnya. PT.Mondelez Indonesia menurut saya
sudah menjakankan kegiatan CSR dengan baik, karena jika dilihat hubungan
masyarakat dengan perusahaan ini baik – baik saja. Kemudian dari etika
bisnisnya, PT.Mondelez Indonesia juga tidak egois dalam menjalankan bisnis
mengejar profit, tetapi juga membantu memperbaiki kondisi masyarakat dan
lingkungan yang dapat dilihat dari program CSR yang dilakukannya setiap tahun.
REFERENSI
http://www.gn-ota.or.id/index.php?controller=page&action=view&page=kegiatan&subpage=bantuan-sinambung-pt-mondelez-indonesia&lang=id
http://act.id/id/whats-happening/view/1437/mondelez-indonesia-bantu-15.000-anak-kurang-gizi-jabodetabek
http://homediarymagazine.com/news/update/2015/10/mondelez-indonesia-csr-dukung-gerakan-pola-hidup-bersih-dan-sehat-phbs-lingkungan-sekolah.html
https://www.ancol.com/id/events/peluncuran-mobil-pintar-ancol
https://id.wikipedia.org/wiki/Mondel%C4%93z_International
https://id.wikipedia.org/wiki/Tanggung_jawab_sosial_perusahaan
0 komentar: